0

Software Aplikasi

Kamis, 05 Juni 2014
Share this Article on :
Software aplikasi merupakan program yang digunakan untuk menyelesaikan suatu aplikasi tertentu. Beberapa aplikasi disebut sebagai general purpose programs. Jutaan orang enggunakan program-programtersebut untuk menyelesaikan tugas- tugasnya. Secara umum, general purpose program antara lain ada :
  • Pengolah kata

Program aplikasi pengolah kata adalah program yang menjadikan komputer berfungsi sebagai alat bantu dalam membuat, mengedit , mengatur, menyimpan dan mencetak dokumen berupa teks. Misalnya : WordStar, Word Prefect, MS- Word, AMI Pro dan chi Writer.
  • Pengolah angka

Program aplikasi pengoah angka adalah program yang menjadikan komputer berfungsi sebagai alat bantu dalam membuat , mengedit, mengatur, menyimpan dan mencetak dokumen berupa table- table dan grafik yang merupakan implementasi dari data yang ada. Contoh : Lotus, Ms- Excel, Quattro pro , dll.
  • Pengolah data

Program aplikasi pengolah data adalah program aplikasi yang menjadikan komputer berfungsi sebagai alat bantu dalam membuat struktur data , mengedit, mengolah data, menyimpan data, mengatur serta mencetak dokumen berupa informasi hasil pengolahan data. Sebagai contohnya adalah Dbase, FoxBase, dan FoxPro.
  • Dekstop publishing

Program aplikasi desktop publishing adalah program yang menjadikan komputer berfungsi sebagai alat bantu dalam membuat, mengedit, mengatur, menyimpan dan mencetak dokumen yang terdiri dari gambar, border, grafik dan sebagainya.
  • Software telekomunikasi

Program aplikasi telekomunikasi adalah program yang membantu hubungan dalam sistem jaringan komputer. Perangkat lunak yang digunakan sangat bergantung dari perangkat kerasnya, sebab suatu jenis prosesor biasanya mempunyai bahasa sendiri yang berbeda dengan bahasa yang dipakai oleh prosesor lain. Oleh karena itu, dalam komunikasi data antara atau lebih prosesor, diperluka suatu jenis perangkat lunak yang disebut protocol. Software protocol berfungsi sebagai penerjemah dari suatu bahasa tertentu dari suatu jenis prosesor ke bahasa prosesor yang lain. Dengan demikian , komunikasi antara dua jenis prosesor menjadi dimungkinkan. Contoh dari perangkat lunak protocol adalah TCP /IP. Ethernet, PCNet, PC BBS dan lain-lain.
  • Software grafis

Program aplikasi grafis adalah program yang menjadikan komputer berfungsi sebagai alat bantu dalam membuat, mengedit, mengatur, menyimpan dan mencetak dokumen berupa presentasi dan sebagainya. Contohnya : Power Point, Corel Draw dan Photoshop.
  • Software multimedia

Program aplikasi multimedia adalah program yang menjadikan komputer berfungsi sebagai alat bantu dalam membuat , mengedit, mengatur , menyimpan dan mencetak dokumen berupa gabungan dari data, suara, gambar, video, dan juga animasi.


Artikel Terkait:

0 komentar:

Posting Komentar